Label

Selasa, 08 Januari 2013

How to be a good counselor...???


7 Tips menjadi ‘Konselor’ yang Baik untuk Sahabat

OPINI | 25 March 2011 | 15:08Dibaca: 900   Komentar: 2   1 bermanfaat
Mungkin tampa disadari anda sering dijadikan tempat curahan hati bagi teman-teman, tentunya ada kebahagiaan sendiri bagi anda bisa menjadi orang kepercayaan dalam mendengarkan dan membantu memecahkan persoalan orang lain, tapi tahukah anda bahwa tidak semua orang bisa menjadi teman  curhat yang baik, ada 7 acuan yang harus anda miliki untuk bisa menjadi ‘konselor’ bagi seseorang.
1. Ciptakanlah hubungan baik
Sa’at seseorang datang menemuimu, pasanglah wajah yang manis yang menggambarkan anda senang dengan kedatangannya sehingga dia merasa nyaman dan tidak merasa bahwa dia telah mengganggu ketenanganmu. Lalu tanyakanlah sesuatu yang ringan, misalnya: “Hai, bagaimana kabarmu? murung sekali kelihatannya, ada yang bisa kubantu?”. dengan begitu dia akan merasa sedikit tenang walaupun belum bercerita apa-apa.
2. Dengarkan sepenuh hati
Sa’at dia mulai menyampaikan sesuatu tataplah wajahnya dan jangan bagi pikiran anda dengan persoalan lain yang memberi kesan anda mengacuhkan keluhannya, walaupun anda memandang kepadanya.
3. Kenali persoalannya
ketika seseorang bercerita kita sering kali tak sabar untuk untuk segera mengomentari atau memotong pembicaraan lalu langsung memberi solusi, padahal dia baru menyampaikan beberapa  kata saja, tapi anda memotong ucapannya dengan mengatakan : ” oke saya sudah paham maksud anda, begini saja…….”. Itu adalah hal yang kurang baik, ada baiknya anda mendengarkan semua yang ingin dia disampaikan sampai  dia meminta tanggapan anda. Sebab Jika anda dahului atau memotong pembicaraan maka ini dapat menimbulkan kesenjangan antara apa yang diinginkan orang itu dengan apa yang ingin anda berikan padanya.
4.Berempatilah terhadapnya
Berempati adalah menempatkan perasaan dan pikiran kita de dalam perasaan dan pikiran seseorang yang dalam masalah, artinya kita mampu melihat persoalan orang lain dari sudut pandang dia, bukan dari sudut pandang anda sendiri. Dengan empati orang akan merasa bahwa anda adalah orang yang tepat untuk dijadikan tempat berbagi rasa, perhatikan juga perobahan ekspresi wajahnya dan masuklah anda dalam kesedihannya itu, dengan arti kata kalau dia menangis bukan berarti andapun harus menangis, tapi memberikan ketenangan hingga dia cepat berlalu dari kesedihan itu.
5. Jadilah pendengar yang baik
Menjadi pendengar yang baik tidaklah mudah, karena dakalanya orang yang bercerita tentang masalahnya hanya untuk mengurangi beban pikirannya tampa harus meminta anda memberikan solusi untuknya, dengan bercerita dadanya yang sesak menjadi sedikit lega, hatinya yang risau menjadi sedikit plong. Maka dari itu tunggulah apakah dia meminta anda untuk memberi solusi atau tidak, kalau iya barulah anda berikan alternatif pemecahan tampa harus memaksa, peganglah prinsip bahwa keputusan tetap ada padanya, bukan keputusan anda.
6. Jangan berlagak seperti guru
Yang perlu anda ingat bahwa orang yang menceritakan masalahnya kepada kita bukanlah seperti seorang murid yang terkendala pelajaran dan membutuhkan bantuan gurunya, jangan beranggapan bahwa seolah-olah andalah orang yang paling tahu, paling pintar, paling menguasai masalah. Situasi seperti ini tentu saja akan membuat seseorang merasa kurang nyaman untuk berbicara terbuka dan berterus terang, karena dia merasa lebih rendah dari anda, dan merasa dia diperlakukan seperti anak kecil yang tak tahu apa-apa. Untuk menghindari kesan menggurui anda harus selalu ingat bahwa anda hanyalah seorang sahabat yang dibutuhkan untuk berbagi cerita atau berdialog tentang suatu masalah, bukanlah penentu jalan keluar terbaik terhadap persoalan itu sendiri.
7.Bisa menyimpan rahasia
Jika kita sudah dipercaya maka adalah kewajiban kita untuk menjaga kerahasiaan permasalahan seseorang tampa harus menunggu orang itu meminta agar tidak bercerita kepada orang lain, godaan untuk bercerita ke orang lain memang sangat kuat, tapi boleh saja bercerita, asal yang diceritakan itu hanya masalahnya saja, bukan orang sipemilik masalah tersebut, karena siapa tahu pihak lain bisa membantu jika anda tidak bisa memberikan solusi. Tapi ada baiknya jika dia meminta bantuan anda untuk mengatasi masalahnya sementara anda sama sekali tidak bisa membantu, jangan malu untuk mengatakannya, lebih baik anda sarankan dia untuk berkonsultasi dengan ahlinya dari pada anda ’sok Tahu’ yang akhirnya berakibat malah menambah rumit persoalan itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar